Tuesday 15 March 2011

Pengertian PC cloning

DEFINISI PC CLONING  PC Cloning, merupakan suatu konsep jaringan komputer yang menekankan pada proses komputasi disisi server dan sisi client yang berkinerja seminimal mungkin. Dengan PC Cloning, sisi client yang memiliki spesifikasi rendah dapat menjalankan semua aplikasi yang diinstal di server tanpa harus menginstal aplikasi yang bersangkutan di sisi client.
Skripsi ini membahas langkah-langkah penginstalan PC Cloning seperti instalasi software, konfigurasi sistem dan penerapannya dengan menggunakan software pihak ketiga yaitu Winconnect.
Clone atau cloning adalah teknik duplikasi agar mempunyai sistem yang sama dengan aslinya. Teknik cloning atau kloning juga dapat diterapkan dalam sistem komputer pada bagian harddisk agar sebuah hardisk mempunyai sistem yang sama dengan harddisk asli atau masternya.
Kagiatan mengkloning harddisk dapat diterapkan untuk suatu lab komputer dengan jumlah komputer yang banyak. Hal ini akan dapat menghemat waktu dan tenaga karena kita hanya menginstal satu komputer dengan sebuah sistem operasi dan program yang lengkap. Berikutnya kita tinggal mengkloning harddisk yang sudah terinstal untuk hardisk yang lain, maka sejumlah komputer yang ada akan mempunyai sistem yang sama dengan hardisk masternya.
Dalam teknik mengkloning harddisk dapat menggunakan media hardisk ke harddisk, hardisk ke CD dan hardisk ke Image. Untuk program harddisk kloning dapat di cari di internet dengan menggunakan search engine google di www.google.com dengan kata kunci harddisk kloning atau mengkloning hardisk. Sebagai catatan kegiatan cloning hardisk, saya pernah mengkloning 18 pc dengan menggunakan hddclone dan semua pc ternyata mempunyai sistem dan program yang sama dengan aslinya.

Manfaat PC Cloning Hemat, karena Anda hanya membutuhkan satu unit computer berkecepatan tinggi untuk dijadikan Sender Sedangkan PC Client dapat menggunakan computer lama seperti PC 486 atau Pentium lama.
Efisiensi, Instalasi semua aplikasi hanya dilakukan di Server. Computer Client hanya perlu system dengan Device hardware dengan spesifikasi yang lebih rendah.
Bahkan computer client dapat bekerja tanpa Hard disk, cukup dengan disket (tentunya dengan proses modifikasi).

Peranti Keras yang Diperlukan
Computer Server
Computer Server akan menjadi pusat kegiatan jaringan menjadi sumber untuk proses Cloning. Computer Server hanya satu unit saja dengan kemampuan yang memadai sehingga dapat melayani semua client yang terhubung di jaringan.
Agar kinerja subsistem Cloning berjalan secara maksimal, perlu diperhatikan konfigurasi peranti keras Computer Server sebagai berikut:
- CPU berbasis Pentium III/IV
- Memori minimal 256 MB (dianjurkan lebih besar)
- Harddisk minimal, 4,3 GB
- Floppy Disk Drive (FDD)
- CD Rom Drive
- Sound Card
- Ethernet Card (LAN Card) 10 atau 10/100 Mbps
- Keyboard & Mouse
- Monitor VGA SVGA
- Modem (jika diperlukan untuk koneksi internet)
Computer Client
Computer Client adalah computer yang dijadikan workstation, jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak ada batasan untuk jumlah client, namun jika jumlahnya lebih dari sepuluh computer, sebaiknya memperbesar kemampuan Server terutama resource memori.
Spesifikasi computer client sebagai berikut:
- CPU berbasis 286, 386, 486 atau lebih tinggi
- Memori minimal 2 MB atau lebih tinggi 8 MB jika menggunakan Windows 95 (CPU 486) 16 MB jika menggunakan windows 98 (CPU Pentium 100)
- Harddisk ± 100 MB untuk system DOS/Windows 98
- VGA Card minimal 256 Colour (dianjurkan 16 bit ke atas)
- Floppy Disk (FDD) 1.44 MB
- Sound Card
- Ethernet Card (LAN Card) 10 atau 10/100 Mbps atau Wired LAN
- Keyboard
- Mouse
- Monitor VGA/SVGA
Local Area Network (LAN)
Untuk menghubungkan semua computer yang akan digunakan pada system Cloning diperlukan peralatan LAN (Local Area Network) yang terdiri atas Ethernet HUB, LAN Card. Kabel UTP dan Konektor RMS.
Piranti Lunak PC Cloning Winconnect
Fasilitas Terminal Service terdapat di Windows NT 4.0 Terminal Edition (TSE) dan Windows 2000 Server Family (Windows 2000 Server, Windows 2000 Advance Server, dan Windows 2000 Datacenter Server). Namun secara default belum terinstal kecuali jika Anda menambahkan fasilitas tersebut pada saat instalasi atau melalui Windows Component di Control Panel.
Tapi yang kita bicarakan saat ini adalah Terminal Service dari software WINCONNECT. Winconnect ( Download di www.thinsoftinc.com )merupakan salah satu software terminal emulator yang digunakan untuk memungkinkan Linux Base terminal atau pun Windows base terminal (win95/98, Win XP, Win 2000, etc) utk dikoneksikan ke terminal emulator (WinXP , Windows Server) melalui Remote Display protokol (RDP) ataupun Remote Web Desktop Connection.
Mengapa hal itu dilakukan karena untuk menghemat resource dan rupiah tentunya. Dengan hanya memanfaatkan Windows server sehingga user dapat memanfaat secara real time semua resource yang dimiliki windows server tersebut, oleh sistem operasi lainnya seperti LINUX ataupun berbagai macam platform Windows OS bahkan PDA. Untuk dapat membuat Pentium 486 atau personal digital assistant (PDA) dapat digunakan (Lokal Area Network) LAN atau Via internet. Etc . Jadi dalam Hal ini user/client hanya sebagai input-output Keyboard dan Mouse yang mana semua proses dilakukan di server.
Sebuah koneksi broadband internet kecepatan tinggi seperti DSL atau ADSL atau ISN yang berada di kantor anda dapat dimanfaatkan untuk anda bekerja dirumah anda dengan mengandalkan akses internet kecepatan rendah misalnya dial-up. Jadi anda bekerja dirumah tetapi seolah-olah anda berada di kantor anda, bukan hanya di rumah anda di warnetpun anda bisa melakukannya dengan hanya memanfaatkan Internet Explorer (Catatan: dengan melakukan IP Forwarding dulu atau menyewa IP Publik, akan dibahas dilain waktu) untuk memanfaat semua resource kompurter anda

2 komentar:

Anonymous said...

JADUL ANJINGGG

Anonymous said...

juggernaut

Post a Comment